Blogger Widget


~oO-> Social Bookmarking
AddThis merupakan salah satu penyedia jasa Social Bookmarking yang terkenal di internet. Layanan yang disediakan mereka sangat berharga dan juga pastinya gratis.
Untuk apa tujuan Bookmarking? Pada browser, kita bisa mem-bookmark halaman yang kita favoritkan atau halaman yang nantinya akan dituju ulang.

Kalau kita mengakses internet melalui warnet, percuma jika kita mem-bookmark halaman itu, karena kita pun tidak bisa mengatur secara leluasa bookmark tersebut, bisa saja bookmark tersebut dihapus orang. Tetapi kita masih bisa memakai jasa pihak ketiga yang menyediakan bookmarking online, yakni AddThis. Oleh karena itulah, AddThis begitu penting bagi kita.

Tidak hanya sebagai social bookmarking. AddThis juga sebagai jalan melakukan SubScribe dari situs kita. Misalnya, jika seorang pengunjung menyukai dan mencintai situs kita, tapi mereka juga bisa berlangganan apa saja yang ada di situs kita. Misalnya jika kita memposting artikel baru, akan langsung terkirim secara otomatis ke alamat email seseorang yang melakukakan SubScribe, itulah gunanya SubScribe. Untuk hal itu, AddThis juga menyediakan SubScriber mereka yang siap kita gunakan.

Link: http://www.AddThis.com

~oO-> Clustrmaps
Statscounter memang bisa digunakan untuk men-track pengunjung situs, tetapi kita tidak tahu mereka datang dari mana, dan mayoritas dari mana. Oleh karena itu, kita butuh jasa Clustrmaps!
Clustrmaps menampilkan pengunjung dengan titik besar merah dan meletakkan titik besar itu di sebuah wilayah yang menandakan bahwa dari sanalah pengunjung tersebut berasal. Situs ini bisa men-track pengunjung situs kita 2500 orang/hari.

Link: http://clustrmaps.com

~oO-> Java-Online
Beberapa orang membutuhkan widget ini karena kelengkapan yang dimilikinya menjadi alasan yang patut untuk dipertimbangkan. Bayangkan saja, dalam databasenya, mereka menyimpan berbagai kata yang belum kita kenal. Misalnya ketika kita berkunjung ke situs Antivirus dan menemukan kata-kata polymorphic, dan kita tidak tahu apa sih polymorphic itu, maka kita bisa mengetikkan kata polymorphic di textbox Word, dan ubah opsinya menjadi Computer Dictionary.

Link: http://www.Java.com/lookup.htm

~oO-> WeLoveWidgets
WeLoveWidgets mungkin akan banyak mengundang perhatian pengunjung Blog kita. Misalnya jika Blog kita adalah mengenai misteri atau apapun yang ada hubungannya dengan ramalan, kita pasti perlu WeLoveWidgets untuk mempercantik Blog kita.

Link: http://WeLoveWidgets.com

~oO-> Google Gadgets
Google tidak ingin tertinggal dalam persaingan ini, maka dimunculkanlah Google Widgets. Lihat saja apa yang dibawa oleh raja search engine ini. Berbagai gadget tersedia, mulai dari widget cuaca, widget jam, widget youtube, dan masih banyak lagi.

Link: http://www.Google.com/ig/directory?synd=open

~oO-> Widgetbox
Jika kita belum seberapa puas dengan Google Gadgets, maka cobalah yang satu ini. Ini baru benar-benar rumahnya Gadget/Widget. Widgetbox ini menyediakan berbagai jenis Widget yang mendukung Blogger, Wordpress, TypePad, dan Myspace.

~oO-> Punkymoods
Jika kita ngeBlog untuk menulis diary, dan ingin pembaca Blog bisa tahu bagaimana perasaan kita saat menulis artikel tersebut, maka widget ini bisa diandalkan.

Link: http://www.punkymoods.com

~oO-> Snipperoo

Snipperoo, seperti halnya Google Gadget dan WidgetBox, merupakan rumah dari berbagai widget. Dalam membedakan widgetnya, Snipperoo meletakkannya sesuai dengan directori kategori yang ada.

Link: http://snipperoo.com

~oO-> ChipIn, si Pengoleksi Uang
Memang aneh ada Widget yang mengoleksi uang, tapi itulah ChipIn. ChipIn dapat mengorganisir uang kita, mencari uang lewat sumbangan pengunjung dan lainnya.
Bagi para pengunjung Blog kita yang memiliki uang berlebih, mereka dapat menyumbangkan uangnya lewat ChipIn ini dan kita nantinya akan mendapatkan uang mereka, entah ditransfer langsung ke PayPal atau ke manapun.

Link: http://chipin.com

~oO-> Vizu
Vizu adalah sebuah situs yang bisa memberikan kita widget voting secara gratis. Memang widget voting sudah disediakan oleh Blogger, namun yang disediakan Vizu lebih bagus dan lebih komplit, serta lebih customizable daripada yang dimiliki Blogger. Selain itu, widget-nya si Vizu ini bisa diletakkan di manapun, berbeda dengan widget Blogger yang hanya bisa ditaruh di Blogger saja.
Selain itu, jika kita punya kemauan, kita juga bisa mencari uang atau memonetize blog kita lewat Vizu. Informasi selengkapnya ada di www.answer.vizu.com

Link: www.vizu.com

Chat Box

~oO-> Cbox
Begitu banyak setting yang bisa kita gunakan, bahkan kita juga bisa mengganti gambar-gambar emoticon sesuai dengan kesukaan kita sendiri. Cbox juga memiliki fitur antispam yang bisa mengantisipasi komentar spam dalam blog kita.

Link: www.cbox.ws

~oO-> Shoutmix
Sama dengan Cbox, Shoutmix menawarkan paket gratis bagi siapapun yang mendaftar sebagai member. Kita juga bisa mensensor kata-kata dengan fitur Profanity Filter. Tidak hanya itu, jika kita menerima pesan spam, walaupun disini tidak ada fitur Anti-Spam, kita bisa menggunakan fitur Ban Control yang akan membanned user yang suka nge-spamming Shoutmix kita.

Link: www.shoutmix.com

~oO-> Oggix
Simpel adalah kesan pertama jika kita melihat Oggix Tagboard ini. Tetapi fitur yang disediakan oleh mereka lebih sedikit dibandingkan dengan kedua vendor yang telah disebutkan sebelumnya. Namun berbagai hasil karya mereka dapat kita nikmati selamanya jika kita sudah terdaftar.

Link: www.oggix.com

~oO-> Tag-World
Tidak seperti ketiga TagBoard sebelumnya, Tag-World memiliki kelebihan berupa adanya fitur IP blocking, yang bisa nge-block tiap-tiap nomor IP dan fitur Anti-Spam.

Link: www.tag-world.com